Ads.

Pages

Friday, September 23, 2011

Pengen gaya tapi tetap punya uang..

Jujur..ide menulis ini saya dapat karena semua orang jauh didalam hati memiliki sifat ingin gaya, pamer, atau menunjukan “keberhasilan” nya kepada orang lain, baik yang dia kenal maupun yg dia tidak kenal. Begitu juga dengan saya secara pribadi. Akan tetapi, saya memiliki keinginan, meskipun saya gaya, tapi ngga pengen jadi bokek atau gak punya duit sama sekali karena “maksain” gaya nya..


Tulisan ini disarikan dari berbagai macam jenis buku yang membahas bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Akan tetapi, konsentrasi tulisan ini bukan mengelola keuangan, akan tetapi mengelola bagaimana Anda masih tetap bisa gaya, atau bahasa lainnya tetap bisa melakukan kegiatan konsumtif Anda, entah membeli barang-barang kesenangan Anda, atau pergi ketempat-tempat favorit Anda, nonton-nonton barang pacar atau temen kongkow dan lain sebagainya.. akan tetapi, ditengah bulan, atau di akhir bulan, Anda masih punya duit, dan gak kehabisan duit..

Banyak dipasaran buku-buku yang mengajarkan Anda untuk..yeahhh, Anda tau sendirilah.. harus ini lah agar tidak seperti ini.. uang tuh harus di seperti ini kan, agak ngga begitu dan lain sebagainya.. dan semua itu sangat membosankan.. karena ditoko sebelah lagi ada jenis iPhone terbaru.. temen dikantor baru ganti Blackberry yg paling canggih, tetangga sebelah baru beli motor sport baru, adek ipar baru ganti mobil, temen nongkrong di geng sepedah MTB baru ganti frame baru yg katanya lebih mak’nyos  dan sebagainya dan sebagainya..”dan saya mau beli” Anda teriak dalam hati. Tapi kata buku kalo saya beli nanti uangnya gak berputar, uangnya gak berpasif income, dan uangnya membelanjakan hal-hal yang konsumtif dan nilainya terus menurun..tapi jauh didalam hati sebenernya Anda gak perduli dengan itu semua..sekali-kali Anda juga pengen dong seperti itu..tapi kalo di itung-itung, kok uang gaji bulanan selalu lenyap tanpa sisa, dan gak ada satu pun yg menjadi barang..

Tulisan ini saya dedikasikan untuk mereka yang berani jujur bilang, “kalo saya emang pengen gaya” dan pengen tau gimana caranya bisa gaya tapi masih bisa punya duit untuk memenuhi kebutuhan “bukan gayanya” sehingga ditengah bulan atau akhir bulan gak perlu minjem-minjem duit sama tetangga cuma buat beli bensin motor untuk berangkat kekantor, atau minjem duit makan sama temen kantor, karena seminggu yang lalu baru ganti Blackberry..

Bergaya lah dengan baik dan benar.

Sebelum kita mulai gaya, ada sedikit beberapa masalah teknis yang harus Anda perhatikan agar gaya Anda menjadi "benar" menurut pandangan saya.. Yaitu anda telah menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk keperluan2 yang sifatnya benar2 penting.. Anggap saja,setelah membaca strategi mengatur keuangan yg baik, jumlah keuangan yang harus anda penuhi sekitar 70% dari total pendapatan anda, sisanya sekitar 30% merupakan biaya operasional..

No comments:

Post a Comment