Ads.

Pages

Tuesday, March 27, 2012

Apple Tawarkan Paten SIM Card Nano Bebas Royalti

Pekan lalu, Apple berselisih dengan Motorola Mobility, RIM (Research In Motion), dan Nokia menyangkut paten SIM card nano. SIM card nano merupakan miniaturisasi dari SIM card micro yang berukuran lebih tipis dan tiga kali lebih kecil sehingga memungkinkan ruang lebih besar untuk fungsi lain.
Semula pembesut iPhone tersebut mengklaim bahwa SIM card nano adalah haknya dan meminta ketiga vendor yang disebutkan di atas untuk tidak menggunakannya. Bahkan, demi memperjuangkan desain SIM card ini, Apple pun meminta dukungan dari sebagian besar operator telekomunikasi di Eropa dengan proposalnya yang berisikan standarisasi desain SIM card nano

Sejauh ini, desain Apple dianggap paling populer di kalangan operator Eropa. Hal ini menyebabkan beberapa kekhawatiran soal putusan akhir proposalnya bahwa Apple bakal mengontrol lisensi dan vendor yang turut menggunakan harus membayar royalti.

Berita dari fosspatents.com (26/3/2012), kabar baik mencuat. Apple bakal menawarkan lisensi untuk royalti paten SIM card nano secara cuma-cuma alias gratis. Tentu saja bila desain rancangannya akan dipilih, maka perusahaan lain tidak perlu membayar apapun ke Apple mengenai desain SIM nano di perangkat mereka. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino AS itu nampaknya rela tidak mengeruk keuntungan dari royalti tersebut. Atau ada hal lain yang terselubung?

No comments:

Post a Comment