Ads.

Pages

Monday, September 26, 2011

Architecture review : Pysanka Museum

Pysanka Museum dibangun pada tahun 2000 terletak di kota barat Ukraina Oblast Kolomyia, Ivano-Frankivska.



Sebelumnya koleksi pysanka telah ditampung di gereja Kolomyia. Museum ini merupakan bagian dari museum Nasional Hutsul dan Pokuttia, seni kerakyatan Yosafat Kobrynsky.

Pada bagian tengah museum ini berbentuk pysanka (Telur Paskah Ukrania). Ini adalah satu-satunya museum di dunia yang didedikasikan untuk pysanka, dan telah menjadi semacam daya tarik kota tersebut.

Dan pada bulan Agustus 2007 museum telah diakui sebagai salah satu bagian modern dari Ukraina.

Museum ini dibuka pada tanggal 23 September 2000, selama festival Hutsul Internasional 10.
Direktur Yaroslava Tkachuk memiliki sebuah ide untuk membuat museum dalam bentuk pysanka, dan seniman lokal Vasyl Andrushko serta Myroslav Yasinskyi yang membawa ide ini menjadi kenyataan.

Museum ini tidak hanya berbentuk seperti telur (14 m di ketinggian dan 10 m dengan diameter), tetapi bagian dari bagian luar dan di dalam kubah yang dicat menyerupai pysanka.

Pada saat ini, museum telah memiliki koleksi lebih dari 10.000 pysanky. Koleksi permanen meliputi pysanky dari mayoritas oblasts Ukraina.

Banyak desain modern dan kreasi ulang desain tradisional, akan tetapi ada juga koleksi pysanky tua dari wilayah Ivano-Frankivsk dari abad 19 dan 20.

Ada banyak contoh yang ditampilkan dalam museum ini, bentuk pysanky dan telur dari negara-negara Slavia yang dihiasi (Belarus, Republik Ceko, Polandia, Rumania) serta dari luar wilayah Ukrania (Swedia, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Pakistan, Sri Lanka, India).

Museum ini juga menyajikan pameran di galerinya dan ini biasanya terkait dengan pysanka dan Paskah Hutsul, akan tetapi juga dapat mencakup kerajinan rakyat dan pameran fotografi.


Arie Armend MA
armend28@gmail.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment