Ads.

Pages

Monday, September 26, 2011

Jalan-jalan yuk! Madaba, Yordania..

Madaba, Yordania
Translate..

Kearah Selatan perjalanan dari Amman di sepanjang Jalan Raja 5000 tahun adalah salah satu perjalanan paling mengesankan di Tanah Suci, melewati serangkaian situs-situs kuno. Kota pertama Anda datang atas adalah Madaba, "Kota Mosaik".

Dalam banyak hal Madaba adalah khas Timur Bank kota yang berbeda dalam satu aspek utama: bawahnya hampir setiap rumah terletak sebuah mosaik Byzantium baik. Banyak dari mosaik telah digali dan dipamerkan di museum kota, namun diperkirakan bahwa banyak kebohongan tersembunyi menunggu untuk ditemukan.




Daya tarik utama Madaba - di gereja Ortodoks Yunani kontemporer St George - adalah, sangat hidup 6 abad peta mosaik Byzantium menunjukkan seluruh wilayah dari Yordania dan Palestina di utara, ke Mesir di selatan.

Peta ini mencakup rencana menarik dari Yerusalem: di sebelah kiri adalah pintu gerbang utara dari mana dua jalan bertiang berjalan ke selatan. Di jalan lurus melalui pusat kota berdiri Makam Kudus kubah. Jelas tertulis di atas gerbang utara dan timur adalah legenda "Kota Suci Yerusalem".

Mosaik karya lain yang ditemukan di gereja Santa Perawan dan para Rasul dan Museum Arkeologi, menggambarkan profesi merajalela bunga dan tanaman, burung dan ikan, hewan dan binatang eksotis, serta adegan dari mitologi dan pencarian sehari-hari berburu, memancing dan pertanian. Secara harfiah, ratusan lainnya dari mosaik-5 hingga abad ke-7 yang tersebar di seluruh gereja-gereja dan rumah Madaba.

Madaba memiliki sejarah panjang, dating kembali lebih dari 1300 SM. Ini pertama kali disebutkan dalam Alkitab sebagai Medeba pada saat Keluaran (Bilangan: 21,30; Yosua 13:9), maka itu adalah kota orang Amori dekat perbatasan Moab, dan sering berpindah tangan. Itu disebutkan dalam Prasasti Mesha terkenal, atau seorang Moab Batu (dipamerkan di Yordania Archaeological Museum), yang mencatat prestasi Mesha, Raja Moab di SM pertengahan abad ke-9 - salah satunya adalah untuk kembali Madaba dari Israel.

Nabataeans memerintah kota selama abad 1. Dan dalam periode Helenistik, di bawah Roma, itu adalah sebuah kota provinsi berkembang dengan kuil dan jalan-jalan bertiang dan dikelilingi oleh dinding yang kuat. Di bawah Bizantium, Madaba menjadi kursi keuskupan, dan pada tahun 451 AD, uskup yang menghadiri Konsili Chalcedon. Selama periode ini, dan terutama di abad ke-6, mosaik yang dicurahkan pada gereja-gereja dan gedung-gedung publik dan swasta.

Madaba dipecat oleh Persia pada 614, dan merusak yang diselesaikan oleh gempa dari 747. Itu berdiri ditinggalkan selama lebih dari 1000 tahun sampai, sekitar tahun 1880, sekelompok sekitar 2000 orang Kristen dari Kerak menetap di sini. Itu mereka, dalam proses pembangunan kembali, yang menemukan mosaik terkubur di bawah reruntuhan.

Madaba Museum memiliki banyak mosaik yang awalnya di situs. Juga, mosaik dari lokasi lain telah disimpan di museum untuk memastikan pelestarian mereka. Sebuah koleksi gereja Bizantium serta sisa-sisa Romawi kuno dan mosaik, membuat museum ini spektakuler yang terletak di dekat Sekolah Mosaik.

Arie Armend MA
armend28@gmail.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment