Ads.

Pages

Monday, September 26, 2011

Lukisan Alam Bisa Redam Emosi

KEINDAHAN alam Indonesia merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah habis bagi seorang perupa dalam melakukan proses kreatif. Alam Indonesia juga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan perupa dalam berkarya. Hal ini yang tertuang pada karya Basoeki Abdullah.
Untuk itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata melalui Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala mengadakan pameran lukisan di Museum Basoeki Abdullah yang mengusung tema “Landscape of Nations:Field and Mountain as a Symbol” mulai dari 24 September hingga 22 Oktober 2011.



Kepala Museum Basoeki Abdullah Joko Madsono menjelaskan, tujuan diselenggarakan pameran lukisan ini untuk memperkenalkan lebih dekat keberadaan Museum Basoeki Abdullah kepada masyarakat dan generasi muda.

"Selain itu, pameran ini untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi seni yang lebih baik terkait lingkungan atau alam kepada masyarakat dan generasi muda melalui hasil karya lukis para maestro seni lukis Indonesia dan perupa Indonesia," kata Joko kepada wartawan di Museum Basoeki Abdullah, Sabtu (24/9/2011).

Sementara itu, Direktur Permusiuman Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Intan Mardiana Napitupulu mengatakan, karya-karya yang bertema alam yang dihasilkan oleh Basoeki Abdullah sangat menggugah masyarakat untuk sadar bahwa Indonesia sangat indah dan memesona dengan alamnya, dan keindahan itu harus dijaga.

"Karya-karya Basoeki Abdullah juga dikenal berbentuk dokumentasi alam maupun karya yang sarat kritik sosial berdimensi pemandangan alam. Saya kira melalui karya-karya Basoeki Abdullah bisa menjadi sarana intropeksi bagi masyarakat," terangnya.

Intan juga menambahkan, "Ajang ini bisa memacu kepada generasi muda untuk mengapresiasikan emosi menjadi sebuah karya lukis daripada menuangkan di jalan untuk tawuran. Karena melalui karya lukisan alam dapat meredam emosi."(tty)

No comments:

Post a Comment