Ads.

Pages

Saturday, October 1, 2011

Gerakan Kudeta September 30 tahun 65 dan korbannya adalah martir dari berebutan kekuasaan..

Adalah naif apabila hingga kini kita masih berfikir, bahwa kejadian Sept 30'65 adalah murni karena usaha kudeta?? Atau ajang perebutan kekuasaan.. (Karena logikanya, sukarno pada saat itu berkuasa dan pki tidak akan direbut kekuasaannya oleh PKI yg katanya dalang dari gerakan tersebut)

Kalau kita mencari literatur, terutama dari luar, akan kita temui fakta dilapangan bahwa kejadian tahun 65 tersebut, murni gerakan perebutan pengaruh antara USSR dengan US.. Karena asia pasifik adalah wilayah yang sangat strategis untuk dikuasai dan ditancapkan pengaruhnya..

Dan Sukarno yg pada saat itu terlalu akrab dengan Moscow, tidak disenangi oleh amerika yg terlebih dahulu memiliki pangkalan militer di Filipina..serta Jepang.. Sedangkan pengaruh Indonesia yg luas dan dapat menjadi poros kekuatan kepanjangan tangan USSR di asia, membuat amerika bekerja keras untuk menempatkan pemimpin Indonesia yg pro amerika..

Dan sekarang, bila adǻ peringatan untuk mengenang kejadian itu.. Gw kadang suka binggung bin absurd..

Meskipun kebenaran teori tersebut belum terungkap secara hitam putih, tapi fakta literatur tentang itu sudah banyak bertebaran dimana-mana.. (Inget kejadian buku putih operasi intelejen CIA tahun 60an yg ditarik kongres, karena megawati menjadi presiden, karena didalamnya terdapat laporan usaha pembunuhan Soekarno oleh agen CIA di jakarta..)


Arie Armend MA
armend28@gmail.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment